Berita dan Artikel mengenai mobil – mobil yang beredar di Indonesia

Mazda 2 TurboBerita Mazda –  Mazda 2 merupakan mobil jenis hatcback keluaran Mazda yang cukup populer di masyaraka Indonesia. Dengan head lamp berbentuk lancip serta lekukan garis tegas di sekujur  bodinya menjadikan Mazda 2 ini memiliki unsur sporty. Mobil yang di Indonesia identik dengan warna hijau muda ini dibekali mesin 1.500 cc yang irit BBM yang menjadikan mobil ini cukup laris di Indonesia. Dilihat dari tampang standarnya saja sudah menyirakan aura sporty, bagaimana jika Mazda mengeluarkan Mazda 2 versi Turbo? Pastinya lebih sporti dan lebih bertenaga.

Mazda 2 Turbo ini dipamerkan dalam ajang SEMA 2011 di Las Vegas, Amerika Serikat. Seperti biasanya di ajang tersebut mazda tidak hanya memamerkan mobil konsep Mazda 2 Turbo ini tetapi juga Mazda 3 MPS atau MazdaSpeed 3. Mazda 2 Turbo di tuner oleh MazdaSpeed Amerika. MazdaSpeed sendiri merupakan divisi Mazda yang memodifikasi mobil – mobil Mazda agar memiliki performa yang lebih tinggi. Dengan kata lain MazdaSpeed merupakan rumah modifikasi khusus mobil Mazda.

Penampilan Mazda 2 versi turbo sendiri tidak berbeda jauh dari versi standarnya. Desain lampunya memang lebih sporty di beri aksen lebih sporty dengan adanya warna hitam di bagian dalam lampu depan. Desain bumper, grill serta air dam masih menyisakan aroma versi standarnya. Yang paling mencolok dibanding versi standarnya adalah penambahan side skirt yang diletakan di bawah bumper depan dan bagian samping dari body Mazda 2 ini. Dilihat dari bagian belakang penambahan sayap di atas kaca belakang serta diffuser di bumper belakang mengisyaratkan bahwa mobil ini stabil ketika berlari di trek lurus. Tidak ketinggalan desain bodi yang lebih sporty ini ditopang oleh suspensi Eibach serta velg ukuran OZ berdiameter 18 inch berwarna hitam yang di balut ban Yokohama yang menjadikannya stabil saat melibas tikungan. Sistem penghenti lajunyapun menggunakan Disk Brembo berukuran 13 inch. Desain Grafis catnya sendiri masih menyiratkan warna khas Mazda 2 dengan coretan garis – garis hijau muda.

Desain yang lebih sporty pastinya diimbangi dengan performa mesin yang meningkat di banding versi standarnya. Mesin yang awalnya hanya berkapasitas 1.500cc kini di ganti dengan mesin 2.300cc MZR Direct Injection Spark Ignition (DISI) yang dipadukan dengan Turbo. Dari mesin tersebut pihak Mazda mengklaim tenaga yang yang dimiliki Mazda 2 Turbo mampu mencapai 263 dk dan 280 lb-ft pada putaran mesin 3000 rpm. Cukup besar untuk ukuran mobil kecil. Walaupun hanya konsep, mobil ini dapat di pakai sebagai acuan modifikasi Mazda 2 di tanah air. Cukup dengan menambahkan side skirt dan sayap dibelakang, Mazda 2 sandar sudah mirip dengan versi Turbo. Semoga Berita Mazda ini dapat menjadikan pedoman modifikasi Mazda 2.

Leave a comment