Berita dan Artikel mengenai mobil – mobil yang beredar di Indonesia

test drive mercedes benz slr mclarenPasti tidak asing jika mendengar nama McLaren dan Mercedes dalam satu kesatuan. Apalagi di arena balap mereka telah lama bekerja sama. Tidak hanya di dalam arena balap mereka kompak, namun juga dalam memproduksi mobil untuk jalan raya. Test Drive Mobil kali ini menceritakan bagaimana rasanya mengendarai supercar hasil kerjasama antara perusahaan otomotif Inggris dan Jerman tersebut. Supercar yang dimaksud adalah Mercedes McLaren SLR, yang telah lama muncul lebih dari setengah dekade. Walaupun demikian merasakan nikmatnya mengemudikan SLR merupakan sesuatu yang jarang dinikmati.

Menghidupkan kembali sebuah mobil legendaris SLR bukan merupakan pekerjaan yang mudah bagi Mercedes. Di tahun 1950-an, model ini diakui sebagai salah satu mobil sport terbaik di dunia. Maka dari itu beberapa detail dari mobil legendaris Mercedes 300 SLR masih nampak pada Mercedes McLaren SLR. Sebagai contoh kisi udara di belakang roda depan dan pintu bermodel Gullwing, namun dengan penempatan engsel pintu yang berbeda. Di lain sisi, banyak senthan modern yang dilekatkan pada supercar ini. Dengan bentk moncong yang mengambil dari moncong mobil F1 milik mereka membuat mobil ini begitu ftristik, ditambah lampu belakang yang terlihat modis.

Dengan hanya menekan tombol maka pintu akan otomatis terbuka. Memasuki kabin suasana yang terlihat begitu mirip dengan Mercedes Benz SL class dengan arsitektur dashboard yang hampir serupa. Namun bagian serta fitur lainnya sudah berbeda jauh dari SL class. Jok serat carbon one piece hadir ntuk memberikan kepasan bagi yang mendudukinya. Tombol pengatur kecepatan perpindahan gigi serta batang di tengah konsol untuk menaik-turunkan sayap belakang jga sebagai pembeda antara SLR dengan SL class. Ruang di dalam kabin SLR memang sempit khas supercar, namun posisi mengemudi yang sangat ergonomis menjadi penutp kekurangan tersebut.

Hal yang paling mendebarkan adalah ketika akan menghidupkan mesin. Dengan menekan tombol start dengan sendirinya mesin 5.439cc V8 superchargernya meraung dengan buasnya. Mesin bertenaga puncak 617 hp tersebut suaranya hampir mirip suara pesawat tempur, apalagi letak knalpot yang berada persis di depan pintu membuat suaranya dapat dinikmati langsung. Hal yang paling aneh ditemukan ketika akan menjalankan mobil ini karena tidak terdapat tuas pemindah gigi manual. Ternyata supercar ini menggunakan transmisi otomatis 5 percepatan. Akselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya membuthkan waktu 4 detik saja, bahkan berlari di atas 200 km/jam tidak akan terasa. Suspensi rancangan McLaren begitu hebat, stabil di trek lurus serta tidak ada limbung ketika menikung tajam.

Yang sangat disayangkan adalah mobil ini terlalu halus dan besar untuk sebuah supercar. Moncong depan yang terlalu panjang membuat sulit berbelok di jalan sempit. Namun terlepas dari semua itu, melakukan Test Drive Mobil supercar ini masih terasa sangat istimewa. Dengan harga yang super mahal serta hanya diproduksi 3.500 unit di seluruh dunia, Mercedes McLaren SLR merupakan supercar terbaik yang dimiliki oleh Mercedes hingga saat ini. Sebuah sejarah yang berulang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: