Berita dan Artikel mengenai mobil – mobil yang beredar di Indonesia

Perkembangan industri otomotif di tanah air Indonesia memang masih menunjukan tanda – tanda peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya pameran produk – produk otomotif berskala besar yang digelar di Indonesia. Tidak hanya itu, peningkatan industri otomotif ini juga ditandai dengan  semakin menjamurnya gelaran modifikasi – modifikasi mobil yang hadir di Indonesia. Sebagai contoh dalam satu tahun sedikitnya ada lebih dari lima gelaran modifikasi mobil berskala nasional. Para modifikatornya bahkan tidak segan – segan mengeluarkan budget yang cukup dalam untuk memodifikasi mobil kesayangannya. Tidak tanggung – tanggung dana yang dikeluarkan bahkan dapat melebihi harga mobilnya itu. Dari banyaknya pernak – pernik yang menempel pada mobil modifikasi, velg merupakan salah satu perangkat yang wajib mendapatkan sentuhan. Hal ini mendapatkan respon yang positif bagi masyarakat untuk mendirikan suatu usaha yaitu dengan membuka Toko Velg.

Jika diamati, jumlah pedagang velg yang ada di Indonesia terutama di daerah ibukota semakin banyak. Dahulunya dalam satu daerah di Ibukota hanya terdapat  satu sampai tiga pedagang yang membuka gerai velg, maka lain halnya dengan sekarang yang bisa dipastikan ada lebih dari lima penjaja velg. Tidak hanya menggunakan kios – kios atau toko, para pedagang juga banyak yang membuka dagangannya dengan menggunakan lapak kaki lima. Mereka memanfaatkan trotoar – trotoar kosong untuk dimanfaatkan sebagai fasilitas mencari nafkah, seperti yang terjadi kota di Semarang, tepatnya di jalan Imam Bonjol yang merupakan akses ke stasiun Poncol. Coba tengok ke pinggir jalan, kita dapat melihat banyak penjual velg yang membuka toko velg dadakan. Suatu hal yang membuktikan semakin menjamurnya penjual velg.

Velg yang dijual oleh pedagang velg sangat beraneka ragam, mulai dari velg berdiameter kecil hingga velg berdiameter besar dan dari berbagai merek serta model. Untuk jenis velg yang paling banyak dijual sekarang ini, biasanya berupa velg dengan diameter lebar yang sering dipakai pada mobil – mobil modifikasi semacam sedan atau SUV. Mulai dari merek lokal hingga merek terkenal macam Enkei, 5zigen, OZ tersedia.Untuk harga juga sangat bervariasi mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. Misalnya merk Enkei tipe GW 8 diameter 18” yang dijual dengan harga mencapai 19 juta-an/set.

Diperkirakan dalam beberapa bulan atau tahun kedepan toko velg akan semakin menjamur tidak hanya di kota – kota besar, malainkan juga di kota kecil terutama di pulau jawa.  Dengan semakin banyaknya modifikator – modifikator mobil di seluruh wilayah Indonesia serta pertumbuhan pasar otomotif yang semakin membaik bukan tidak mungkin prediksi tersebut terbukti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: