Berita dan Artikel mengenai mobil – mobil yang beredar di Indonesia

ac mobil komponenAC mobil tentunya harus bekerja secara maksimal ketika digunakan. Hal ini agar penumpang mobil nyaman apabila duduk di dalam mobil. Agar AC kendaraan anda tetap bekerja maksimal tentunya perlu dilakukan servis yang rutin sesuai dengan prosedur yang ada. Biasanya disarankan 6 bulan sekali. Nah dari beberapa komponen yang diperiksa saat diservis ada beberapa komponen yang sering bermasalah dan harus diganti. Sebab apabila komponen yang bermasalah tersebut tidak diganti akan mengurangi performa pendinginan AC tersebut.

Yang pertama adalah komponen yang disebut “Filter ( dryer )”. Sesuai dengan namanya komponen ini mempunyai fungsi sebagai penyaring kotoran atau debu dari luar maupun dari dalam sistem AC itu sendiri khususnya kompresor. Setidaknya filter tersebut harus bersih ari debu yang melekat, karena debu yang melekat pada komponen penyaring tersebut dapat menghambat kerja sistem AC. Yang lebih parah lagi, akibat yang ditimbulkan dari filter yang tersumbat dapat menjadikan konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros dari yang semestinya. Hal ini disebabkan karena mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk memutar pompa kompresor.

Komponen yang kedua adalah “katup ekspansi”. Komponen tersebut fungsinya sama seperti katup kebanyakan, yaitu sebagai membuka semburan gas freon yang bertekanan yang nantinya akan diubah menjadi udara dingin. Ktup ini tidak boleh kotor ataupun tersumbat. Apabila kotor dapat dipastikan semburan gas tidak akan maksimal yang berakibat AC tidak dingin serta dapat menular ke komponen AC yang lainnya. Katup ekspansi yang bermasalah juga dapat mengakibatkan konsumsi BBM juga lebih boros.

 Lalu ada komponen yang bernama “seal” atau yang biasa disebut “O ring” sesuai dengan bentuknya. Berfungsi sebagai penguat sambungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya agar udara yang ada di dalam komponen sistem pendingin mobil tidak keluar. Pemasangan O seal ini harus benar – benar rapat sebab apabila tidak dapat mengakibatkan semburan AC ke dalam kabin menjadi tidak maksimal, karena sebagian udara dingin keluar melalui celah seal yang tidak rapat. Komponen ini merupakan komponen yang wajib diganti setiap melakukan servis AC mobil.

Kipas Kondesor merupakan komponen terakhir yang sering mengalami masalah. Fungsinya tiak berbeda dengan kipas kebenyakan yaitu untuk mendinginkan refrigerant di dalam agar tidak panas. Putaran kipas yang lemah dapat di akibatkan oleh komponen kipas yang kotor, selain itu sistem kelistrikan AC yang bermasalah juga dapat menjadi penyebabnya. Tetapi dari kebanyakan kasus adalah disebabkan karena faktor usia kipas kondesor itu sendiri.

Komponen – komponen di atas merupakan komponen sistem AC mobil yang memang sering bermasalah. Tak heran jika komponen tersebut termasuk komponen fast moving. Sebaiknya penggantian komponen tersebut disesuaikan dengan prosedur yang berlaku. Walaupun belum menunjukan gejala, namun ada baiknya kita “sedia payung sebelum hujan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: